PT. PGE Proyek Hululais dan Poktan Kembali Panen Raya Serta Dukung Panen Padi Dua Kali Setahun

Advertisements

akuratonline – Kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar perusahaan, PT. Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Proyek Hululais mewujudkan dengan melaksanakan kembali  program Musim Tanam (MT) 2 dengan melibatkan Kelompok Tani (Poktan) di sekitar ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP).

Pelaksanaan kegiatan ini yang berhasil di tahun lalu dilaksanakan kembali  di dua lokasi diantaranya di Desa Danau Liang, Kec. Lebong Tengah dan Sawah Sam di Kelurahan Mubai, Kec. Lebong Selatan. Kamis (15/10/2020) bertempat di areal persawahan samping cluster D, Desa Danau Liang, dilaksanakan panen raya padi MT 2 tahun 2020.

Program pemberdayaan masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR Pertamina yang bersinergi dengan kelompok tani dan disperkan Lebong untuk tahun 2020 ini ada peningkatan luas areal persawahan yang melakukan MT 2 yaitu seluas 35 Hektar. Jelas ada kenaikan kuantitas  yang significan dibandingkan 2019 yaitu hanya berkisar 11,3 Hektar.

Kegitan yang dihafiri Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong Emiwati SE M.Ak, Camat Lebong Tengah, Sugiarto, SH, Danramil Kapt Inf Sumardi, BP3 Karang Anyar, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Danau Liang, serta Kepala Desa Danau Liang Endang Karyawan.

Panen Padi dari Program Pemberdayaan Masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR Pertamina

Rasali sebagai Ketua Kelompok Geo Tani Makmur Desa Danau Liang,  mengemukakan berkat pendekatan, dukungan, dan bantuan PT. PGE Proyek Hululais, Tripika Lebong Tengah, Kades Danau Liang, serta pendampingan dari Disperkan Kabupaten Lebong, ada penambahan jumlah kelompok tani dan petani yang mau mengikuti program MT 2 di Desa Danau Liang.

” Alhamdulillah semakin lama yang mengikuti program MT 2 ini semakin bertambah. Awalnya hanya 1 kelompok tani sekarang sudah 4 kelompok tani yaitu Poktan ‘Harapan Maju’, ‘Danau Liang Jaya’, Bina Makmur, dan Geo Tani Makmur. Dan tentu luas persawahan pun bertambah. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais, Disperkan Kabupaten Lebong, Tripika Lebong Tengah, dan Kades Danau,”sambungnya.

Kades Danau Liang, Endang Karyawan sebagai perangkat desa yang berperan dalam kontrol warganya, mengucapkan terimakasih atas kepedulian PT. PGE Proyek Hululais dalam upaya ikut serta pemberdayaan masyarakat petani khususnya di Desa Danau Liang.

” Mewakili pemerintah desa dan masyarakat danau liang saya mengucapkan terimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Berkat program ini, tahun 2020 sudah melakukan MT 2 seluas 35 Hektar dari 52 hektar luas persawahan yang ada di Desa Danau Liang,”jelasnya.

Disisi lain juga Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, Emiwati,SE M.Ak sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT. PGE Proyek Hululais ini. Terkhusus untuk Poktan yang berhasil melaksanakan MT 2 sebagai bentuk apresiasi diberikan reward berupa Alsintan.

” Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PT. PGE Proyek Hululais yang telah melakukan kegiatan yang mendukung program pemerintah kabupaten Lebong yaitu program MT 2. Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam merubah perilaku dan mengajak petani kita agar mau melakukan MT 2. Dan juga program seperti ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan petani,”ungkapnya.

Project Manager PT. PGE Proyek Hululais, Uus R Kurniawan jugamengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan dalam mendukung program pemerintah kabupaten Lebong dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Namun demikian, untuk saat ini kami masih tahap proyek dan belum produksi/area sehingga ada keterbatasan yaitu masih memprioritaskan untuk masyarakat di Wilayah Kerja Perusahaan(WKP). Besar harapan kami agar petani yang tergabung dalam Poktan Geo Tani Makmur dan lainnya ini tetap konsisten dalam melaksanakan program MT 2 kedepannya, dan juga dapat diikuti para petani padi lainnya, agar dapat menyetabilkan ketahan pangan di Kabupaten Lebong khususnya. (Ako/red)

__Terbit pada
16 Oktober 2020
__Kategori
Headline, Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *