Masa Sih, Kawan dan Lawan Itu Tidak Ada Yang Abadi

Advertisements

akuratonline – Perseteruan dapat dikategorikan sebagai suatu hal yang tidak sesuai, tidak seirama atau tidak sejalan dan dijadikan perdebatan atau perselisihan antara kehendak satu dengan lainnya, karena menjadikan seseorang untuk satu pemikiran bukanlah hal yang mudah, jangankan teman kita bahkan satu keluarga yang jelas satu kandungan terkadang ada perseteruan karena tidak sejalan ide dan prakarsa.

Kawan adalah istilah untuk seseorang yang katanya mengerti tentang kita, kenal dengan kita, memahami tentang kita, dan selalu dekat dengan kita. Namun pertanyaannya apakah ada kawan yang selalu ada setiap saat untuk kita? Jawabannya pasti tidak karena kawan bukanlah asisten atau bodyguard kita yang selalu ada setiap kita melakukan aktivitas apapun, kawan juga mempunyai kesibukannya sendiri-sendiri. Kawan juga sangat terikat dengan ruang dan waktu dimana kita tinggal kapan waktu kita bertemu dan lain sebagainya, kawan pun bisa menjadi lawan ketika kawan tersebut sudah tidak sesuai dengan prinsip atau tidak sesuai dengan jalan pikiran kita.

Biasanya, lawan adalah seseorang yang selalu mencari kesalahan dalam diri kita. Mereka memperhatikanmu begitu detail sehingga bisa menemukan hal-hal jelek yang tidak kita sadari. Bahkan terkadang, dia lebih memperhatikanmu daripada dirinya sendiri.

Apabila kita tidak mempunyai lawan, bagaimana kita mengetaui bahwa ada hal kurang baik dalam diri kita, bukan sesuatu yang menyenangkan. Tapi kalau tidak pernah sadar akan sifat jelek tersebut, kita tidak bakal bisa berubah menjadi lebih baik.

Apabila terjadi Konflik sumber tersebut awal penyebab dari bermacam-macam permasalahan, ada yang terjadi hanya karena hal yang sangat sepele sampai terjadi karena hal yang memang termasuk dalam masalah yang sangat besar, kawan selalu datang dan pergi. Baik itu karena memang pergi untuk kebaikan maupun pergi karena adanya konflik yang terjadi antara kita dan kawan. Oleh karena itu tidak ada kawan yang abadi.

Lantas adapun lawan istilah lain dengan lawan adalah musuh, yaitu seseorang yang tidak sepaham dengan kita atau bahkan orang yang kita benci. Lawan adalah orang yang selalu berseberangan dengan kita ketika kita berbicara A, kita pasti berusaha untuk berbicara B begitupun sebaliknya. Lawan selalu ada dimanapun berada sama seperti kawan lawan juga terikat ruang dan waktu, datang dan pergi begitu seterusnya.

Lalu jika kawan dan lawan tidak ada yang abadi terus apa yang abadi? Jawabannya adalah suatu kepentingan, kepentingan merupakan hal yang sangat melekat pada kawan dan lawan, ketika kita berkawan dengan seseorang pasti ada kepentingan yang berperan dalam hal itu, begitupun lawan juga terdapat kepentingan didalamnya. Oleh sebab itu kepentingan tidak mengenal yang namanya kawan atau lawan karena kepentingan selalu ada dimanapun berada dan di waktu kapanpun. (red)

__Terbit pada
18 Oktober 2020
__Kategori
Opini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *