Sweet Seventeen, Sejarah Singkat Kabupaten Lebong

Advertisements

akuratonline – Kabupaten Lebong memasuki Usia 17 tahun, artinya dianggap telah menginjak masa kedewasaannya.

Menyambut usia dewasanya, Pemerintahan Kabupaten Lebong menggelar Upacara HUT Kabupaten Lebong Ke-17 yang langsungkan di lapangan Kantor Bupati Lebong, Jumat (18/12/20).

Upacara HUT Kabupaten Lebong ke-17 kali ini mengangkat tema “ Dengan Tetap Fokus Mewaspadai Bahaya Covid-19 Pada HUT Kabupaten Lebong ke-17 2020, Siap Membangun Sinergitas Yang Berkelanjutan Menuju Lebong Maju, Sejahtera, dan Hebat”.

DR. H. Rosjonsyah, S.I.P., MSI., Yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, dsn dihadiri sejumlah unsur FKPD Lebong, Kepala Kejaksaan Negeri Lebong, Kapolres Lebong, Kepala Pengadilan Negeri Lebong, serta para Kepala OPD dan jajarannya, tokoh presidium, tokoh masyarakat.

Kepada awak media, Bupati Lebong DR. H. Rosjonsyah, S.I.P., M.Si., mengatakan bahwa upacara HUT Kabupaten Lebong kali ini merupakan yang terakhir baginya sebagai Bupati Lebong, beliau berpesan kepada masyarakat lebong, dan jajaran pemerintah daerah nantinya untuk bersama-sama mendukung bupati terpilih.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat kabupaten Lebong untuk kiranya mendukung pemerintah kabupaten Lebong, dan kepada para OPD untuk bersama sama mendukung bupati yang baru,” Ungkap Rosjonsyah

Rosjonsyah juga berharap untuk kedepannya dapat menjalin koordinasi yang baik dengan Bupati Lebong yang baru nantinya.

“Saya berharap bupati yang baru sering berkoordinasi dengan saya, kalau saya ke Lebong saya akan datang kesini untuk memberikan wejangan-wejangan yang baik, saya yakin Bupati terpilih nantinya dapat berkoordinasi dengan baik kepada saya,” Lanjutnya.

Lebih lanjut Rosjonsyah mengingatkan masyarakat lebong untuk terus menjaga kesatuan, hindari gesekan yang dapat memicu perpecahan, untuk kemajuan Kabupaten Lebong.

“Kepada masyarakat lebong saya berpesan, bahwa pilkada sudah selesai, jangan saling bermusuhan lagi, bersatulah, karena lebong bersatu, lebong akan maju,” pungkasnya.

Sejarah Singkat Kabupaten Lebong

Untuk diketahui Kabupaten Lebong merupakan kabupaten muda pemekaran dari Kabupaten Rejang Lebong berdasarkan UU no 39 tahun 2003. Mekarnya Kabupaten Lebong bukan didapati begitu saja, tentunya dengan perjuangan para pejuang-pejuang terdahulu yang tak kenal putus asa.

Rintangan demi rintangan dihadapi sampailah pada puncaknya pada tahun 2003 tepatnya tanggal 13 Maret 2003 setelah lebih kurang satu tahun disetujuinya usulan pemekaran Lebong oleh Pemprov Bengkulu, akhirnya Tim Observasi Pusat dari Departemen Dalam Negeri (Tim DPOD) turun langsung ke Kabupaten Lebong untuk meninjau secara langsung kesiapan pemekaran Kabupaten Lebong.

Berbagai kesiapan serta potensi pendukung pemekaran Lebong tak luput dari peninjauan tim DPOD ini. Observasi yang dilakukan ini pun dipusatkan di Kecamatan Lebong Utara dan Lebong Atas.

Harapan demi harapan pun terus bermunculan usai dilakukannya observasi dari Tim DPOD. Do’a serta cita-cita masyarakat untuk menjadikan Lebong sebagai Kabupaten yang mandiri pun akhirnya terwujud.

Pada 17 November 2003, adalah sejarah baru bagi daerah eks kewedanan Lebong. Dimana, hari itu lahirlah draf rancangan Undang-undang RI tentang Pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang di Provinsi Bengkulu.

Sehingga, tepat pada 18 Desember 2003 UU Nomor 39 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiangpun disetujui oleh DPR RI. Kontan saja, dengan disetujuinya UU Nomor 39 tahun 2003 ini Lebongpun akhirnya resmi menjadi Kabupaten sendiri. (AkO)

__Terbit pada
19 Desember 2020
__Kategori
Headline, Lebong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *