Bakal Dilaunching Bupati Kopli Ansori, Aplikasi SIP-MAS Dalam Pekan Digital SMAN 5 Lebong

akuratonline.com, Lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori berkantor dan melakukan aktivitas kerja seperti biasanya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong pada rabu (02/06/2021). Saat ngantor di Dikbud Lebong tersebut, Bupati Lebong menerima audiensi dan koordinasi Kepala Sekolah dan staff SMA Negeri 5 Lebong. Kedatangan mereka bertujuan untuk mengundang Bupati Kopli Ansori, dalam kegiatan GENESIS II SMANLI serta PEKAN DIGITAL yang akan dilaksanakan di SMA Negeri 5 Lebong, pada tanggal 14 – 16 Juni 2021. Dalam kesempatan itu juga, pihak SMA Negeri 5 Lebong berharap dalam acara Pekan digital ini Bupati Lebong Kopli Ansori berkenan melaunching Aplikasi SIP-MAS (Sistem Aplikasi Manajemen Administrasi Sekolah).

Bupati Lebong Kopli Ansori menyambut baik undangan tersebut, selain akan memberikan manfaat lebih bagi siswa generasi penerus Kabupaten Lebong. Aplikasi sejenis membantu orang tua wali murid dapat memantau anaknya dalam kegiatan belajar di sekolah. Apalagi tantangan digitalisasi pendidikan, membidik SDM (Sumber Daya Manusia, red) unggul, peningkatan mutu guru dan siswa mutlak diperlukan guna menyiapkan SDM yang tangguh, adaptif, memiliki daya saing dan tetap berkarakter dalam memenuhi kualifikasi work 4.0 dari perspektif global. Revolusi industri 4.0 menyebabkan dunia kerja yang membutuhkan manusia unggul dan menguasai IPTEK. Apalagi saat terjadi Pandemi Covid-19, cepatnya digitalisasi pendidikan dan telah menyebabkan perubahan pola belajar-mengajar guru dan siswa.

“Yang jelas kita dukung, apalagi nantinya melibatkan pengajar dan siswa SD, SMP yang ada di Kabupaten Lebong. Kita akan mengarahkan kepada Dikbud Lebong, agar semua SD dan SMP mengirimkan guru dan siswanya di acara tersebut,” sambut Bupati Lebong Kopli Ansori.

Sementara itu, Kepsek SMA Negeri 5 Lebong, Ferdiyan Midas, M.Pd yang akrab disapa Yayan menjelaskan, acara yang akan dilaksanakan tersebut akan mengajak sekolah lain, terutama tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Lebong untuk ikut serta, apalagi nantinya kegiatan tersebut juga ada kelas pelatihan Google site untuk para guru dan siswa. Serta lomba vlog dan minecraft untuk para siswa tingkat SD dan SMP Se Kabupaten Lebong.

“Selain melaunching Aplikasi, kita juga mengikutsertakan pihak pengajar dan siswa SD dan SMP untuk mengikuti beberapa lomba yang berbasis IT,” ungkap Yayan.
Dijelaskan Yayan, Aplikasi SIP-MAS yang akan dilaunching merupakan aplikasi berbasis sistem informasi kesiswaan dan sekolah, pengajar serta tugas sekolah. Seperti e-learning yang langsung dapat dipantau bagi yang menginstal aplikasi tersebut, khususnya bagi siswa SMA Negeri 5 Lebong.

“Yang jelas aplikasi ini menunjang kegiatan belajar mengajar, serta administrasi yang berkaitan dengan sekolah, dapat dipantau langsung oleh orang tua murid,” Pungkas Yayan. (red)

__Terbit pada
2 Juni 2021
__Kategori
Headline, Lebong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *