PMD Gelar Seleksi Tambahan Bacalon Kades

Advertisements

Akuratonline, LEBONG – Sebanyak 18 peserta bakal calon (Bacalon) Kepala Desa (Kades) dari tiga desa di wilayah Kabupaten Lebong mengikuti seleksi tambahan penerimaan calon Kades yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMD-Sos) Kabupaten Lebong selaku leading sektor penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2021 ini. Jum’at (26/11/21).

Seleksi tambahan itu, digelar bagi desa yang memiliki peserta bacalon kades melebihi kuota yang telah ditentukan, dimana dalam aturannya, Per-Desa maksimal 5 orang calon yang bisa mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), sehingga bagi desa yang memiliki bacalon melebihi 5 orang, harus mengikuti seleksi tambahan.

Hal demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas PMD-Sos Hartoni, melalui Kabid PMD Heru Dana Putra,

“Hari ini ada sebanyak 18 peserta bacalon Kades dari tiga desa mengikuti seleksi tambahan oleh panitia seleksi Pilkades tingkat Kabupaten,” ungkap Heru

“Pengujinya dari ada unsur Polri, Kejaksaan, dan Pemerintah Daerah sendiri,” Tambahnya

Lebih lanjut, Heru menjelaskan terkait materi dari seleksi tambahan ini, pihaknya ingin mengukur sejauh mana penguasaan Bacalon terhadap permasalahan yang ada di desanya, kemudian seperti apa visi dan misi Bacalon itu sendiri.

“Kita lihat sejauh mana sinkronisasi antara visi dan misi Bacalon Kades terhadap permasalahan yang ada di desa setempat,” ujar Heru

Terkait hasil seleksi tambahan, Heru mengatakan nantinya hasil seleksi yang digelar hari ini akan disampaikan ke pihak panitia tingkat desa, untuk dilakukan penetapan calon kades.

“Hasil dari seleksi tambahan ini nantinya akan disampaikan kepada panitia seleksi tingkat desa, untuk dilakukan penetapan calon kades,” Pungkasnya. (Bams)

__Terbit pada
26 November 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *