Lanjutan Pembangunan PTM Muara Aman, Pemkab Kembali Gelontorkan 3,4 Milyar

Akuratonline, LEBONG – Pembangunan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman kembali dilanjutkan di tahun 2022 ini, dimana Pemerintah Kabupaten Lebong kembali menggelontorkan anggaran sebesar 3,4 milyar rupiah.

Dengan kucuran anggaran sebesar 3,4 milyar tersebut, ternyata belum mampu menuntaskan pembangunan pasar secara keseluruhan (Seratus persen).

Dimana proses pengerjaan pembangunan yang sudah memasuki tahun kelima di tahun 2022, hanya disediakan anggaran untuk penuntasan pembangunan lantai 3 dan 4.

Hal demikian diungkapkan oleh PLT Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPR-HUB) Kabupaten Lebong, Joni Prawinata, Senin (03/01/2022).

“Dengan anggaran sebesar 3,4 milyar hanya cukup untuk penuntasan lantai 3 dan 4, serta instalasi kebakaran,” ungkap Joni

Sementara untuk finishing Landscape, pemasangan Lift, dan Eskalator. Joni mengatakan bahwa itu belum bisa direalisasikan di tahun ini, mengingat anggaran 3,4 milyar yang dialokasikan tidak cukup untuk mengakomodir keseluruhan item pengerjaan tersebut.

“Itu belum selesai seratus persen, masih ada Lift, Eskalator, Finishing Landscape yang belum bisa direalisasikan di tahun ini,” ujarnya

Meskipun proses pengerjaan belum tuntas seratus persen, Joni menyatakan pasar tersebut sudah bisa dilakukan pemanfaatan untuk lantai 1 dan 2 yang pengerjaannya sudah selesai.

“Secara total fisik memang belum selesai, namun jika memang ingin dilakukan pemanfaatan tahun ini sudah bisa, karena untuk lantai satu dan dua sudah selesai pengerjaannya, dan cukup untuk mengakomodir pedagang-pedagang yang sudah terdata,” imbuhnya

Kepala Dinas PUPR-HUB Lebong itu juga menyampaikan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Disperindag Kabupaten Lebong terkait pemanfaatan pasar tersebut.

“Mengingat ini kebutuhan masyarakat, Kita sudah berkoordinasi dengan Disperindag terkait pemanfaatan pasar tersebut di tahun ini, tinggal nanti Disperindag apakah akan mulai dimanfaatkan tahun ini atau tidak, itu teknis pengelolaannya kita serahkan dengan pihak Disperindag,” Tandasnya.

Untuk diketahui bahwa proses pembangunan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman telah dimulai sejak 6 tahun silam, dan telah menghabiskan anggaran mencapai 38 Milyar rupiah, berikut data yang berhasil dihimpun.

– Tahun 2017 Pemkab Lebong melakukan relokasi terhadap pedagang pasar los Muara Aman.

– Tahun 2018, merupakan tahun pertama pengerjaan PTM Muara Aman, dengan alokasi anggaran sebesar 15 milyar, dan pihak rekanan hanya mampu menyelesaikan pengerjaan fisik hingga 39% pada tahun tersebut.

– Tahun 2019, Pemkab Lebong kembali mengucurkan anggaran sebesar 13 milyar, pada tahun ini, pelaksanaan pengerjaan fisik selesai 100%.

– Tahun 2020, Pemkab Lebong kembali menganggarkan sebesar 15 milyar, namun karena adanya wabah covid-19 Anggaran tersebut dipangkas menjadi 13 milyar, dengan pengerjaan pada tahun ini selesai 100%, dan telah dilaksanakan peresmian oleh Rosjonsyah selaku Bupati Lebong waktu itu.

– Tahun 2021, Pemkab Lebong kembali menggelontorkan anggaran dengan total pagu sebesar 3,8 milyar, dan pengerjaan fisik 100%.

– Tahun 2022 ini, Pemkab Lebong Kembali menggelontorkan anggaran sebesar 3,4 milyar. (Bams)

__Terbit pada
4 Januari 2022
__Kategori
Headline, Lebong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *