Terkendala Penginputan RUP, Lelang Proyek Lebong Terancam Molor

Advertisements

Akuratonline, LEBONG – Lelang paket proyek di lingkup Pemerintahan Kabupaten Lebong tahun 2022 ini terancam molor, hal ini dipicu lantaran adanya kendala pada saat penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada Sistem Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Lebong, Dodi Irawan, ST., Menjelaskan bahwa saat ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih melakukan penginputan data, yang dimana dalam penginputan data itu sendiri terjadi sejumlah kendala dihadapi oleh para operator RUP di OPD, diantaranya data yang diinput di aplikasi SIPD tidak sinkron dengan data RUP yang ditarik dari SIRUP, Sehingga diminta operator RUP di OPD untuk melakukan perbaikan data dan pengeditan buat paket secara manual, dimana untuk login ke
Aplikasi SIRUP sangat lambat.

“Jadi kami minta setiap operator pro aktif nanti untuk melakukan perbaikan mengedit ulang setiap kegaiatannya, dan kami lakukan pendampingan,” Terang Dodi, Senin (07/02/22).

Karena dengan lambatnya proses lelang tentunya akan berpengaruh terhadap penyerapan anggaran di OPD. Maka menyikapi hal itu, Dodi berharap OPD dapat segera melakukan pelimpahan paket kegiatan terutama terhadap paket-paket yang belum memiliki perencanaan.

“Utamakan dulu paket-paket yang lelang belum memiliki perencanaan, baik itu PL maupun Tender,” Imbuhnya.

Selanjutnya, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Lebong itu menyampaikan, hingga sejauh ini baru dua paket kegiatan yang sudah selesai proses lelangnya.

“Sejauh ini baru dua paket kegiatan yang sudah selesai proses lelangnya, pertama belanja jasa pelayanan umum dengan nilai pagu 3,348 Milyar terkontrak 3,340 milyar, kemudian belanja bahan untuk kegiatan kantor lainnya nilai pagu 807 juta terkontrak 788 juta. Kedua kegiatan tersebut di OPD Sekretariat Daerah Kab. Lebong. sementara untuk kegiatan yang lainnya kami sifatnya menunggu,” tandasnya. (Bams)

__Terbit pada
7 Februari 2022
__Kategori
Headline, Lebong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *