BPD Danau Liang Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Akuratonline, LEBONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Danau Liang, Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kegiatan pelatihan berlangsung di Kantor Desa Danau Liang, Senin (03/10/22).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Danau Liang Endang Karyawan mengatakan, bahwa pelatihan peningkatan kapasitas ini difokuskan pada pendalaman regulasi pemerintahan desa. Dimana hal tersebut dirasa penting agar BPD memahami tugas, fungsi dan kewenangannya.

“Pelatihan kapasitas ini kita fokuskan pada peningkatan pemahaman terhadap regulasi serta perencanaan pembangunan di desa,” Katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lebong Reko Haryanto yang hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut mengatakan bahwa BPD memiliki peran besar dalam pembangunan di desa, karena BPD terlibat langsung mulai dari perencanaan pembangunan, hingga memiliki fungsi kontrol terhadap pembangunan yang dijalankan pemerintah desa.

“Jadi BPD ini memiliki peran penting dalam suksesnya pembangunan desa, karena selain terlibat dalam pengusulan perencanaan, BPD ini juga memiliki pengawasan,” Ungkap Reko.

Pada kesempatan itu juga, Reko sapaan akrabnya meminta BPD untuk mendalami arti daripada tugas pokok dan fungsi BPD, sehingga para BPD benar-benar paham apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Kepala Desa Danau Liang, Kadis PMD, Kabid PMD, Sekcam Lebong Tengah, para pengurus BPD Danau Liang, serta para tamu undangan. (ADV)

__Terbit pada
3 Oktober 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.