Hari Libur, Bupati Ngasih Makan Tikus

Advertisements

Akuratonline, LEBONG – Kalau hari minggu biasanya dimanfaatkan untuk berlibur, beristirahat, ataupun berkumpul dengan orang-orang terkasih.

Beda halnya dengan Kepala Daerah yang satu ini. Bupati Lebong Kopli Ansori hari liburnya tetap di luangkan untuk rakyatnya. Dengan menenteng kantong asoy mengitari area persawahan, Bupati ini sembari ngasih makanan tikus.

Katanya, tujuan ngasih makanan ke sarang tikus ini, supaya tikus yang ada di sawah, tidak lagi memakan padi yang ditanam sama petani.

“Jadi padi yang kita tebar ke sarang tikus ini, sudah kita campurkan dengan racun terlebih dahulu, sehingga tikus yang memakan padi yang kita tebar ini nantinya mati keracunan,” Kata Kopli. Minggu (25/06/2023).

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mensukseskan program turun tanam kedua (MT-2) yang mulai dilaksanakan secara serentak pada tahun ini.

“Untuk mengantisipasi serangan hama tikus, terhadap tanaman padi MT-2, jadi lakukan pengendalian hama tikus lebih awal,” Ujar Kopli.

Bupati Lebong itu juga mengungkapkan, kehadirannya di sawah selain untuk mengajak masyarakat secara rutin membasmi hama tikus. Juga untuk memastikan program MT-2 yang dijalankan petani berjalan dengan baik.

“Saya turun langsung ke lahan sawah petani ini untuk meninjau bagaimana pertumbuhan padi para petani, dan juga untuk memastikan program MT2 apakah sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan berlaku,” Pungkasnya. (Bams)

__Terbit pada
25 Juni 2023
__Kategori
Headline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *